Rakit PC Intel Generasi 8 Coffe Lake Feat GTX 1050Ti



Alfarts - Intel sudah mengeluarkan Processor Generasi yang terbaru yaitu intel gen 8 atau yang diberi nama Coffe Lake. Bagi yang suka update komponen PC nya ke Generasi terbaru maka akan mengeluarkan bajet yang lumayan mahal. Dikarenakan untuk Mobo nya saja Intel Gen 8 dengan intel Gen 7 tidak bisa disamakan.
Rakit PC Intel Generasi 8 Coffe Lake
Rakit PC Intel Generasi 8 Coffe Lake Feat GTX 1050Ti

Jadi sudah ada jarak diantara generasi 7 dan 8. Walaupun socket sama tetapi untuk berbeda generasi dari 7 dan 8 tidak bisa. Jadi bisa dianggap Processor Jaman Now untuk yang Generasi ke 8 ini. Pasalnya sudah ada gate diatara generasi sebelumnya.

Bagi yang mencari informasi dan ingin merakit komputer dengan Processor intel Generasi 8 maka artikel ini sangat cocok untuk anda. Sima sampai bawah. Saya disini akan menshare bagaimana saya merakit PC saya sendiri dengan bajet 12jt. Dapat dipakai untuk multimedia dan juga bermain game berat.

Rakit PC Intel Generasi 8 Coffe Lake

Processor

Untuk Processor tentunya dengan processor yang terbaru. Saya menggunakan i3 - 8100 dengan kecepatan 3.6 Ghz. Menurut saya kecepatan diatas 3 itu sudah lebih dari cukup bagi saya. Ada juga i3 - 8350 yang harganya tentunya diatasnya dari 8100. kecepatan sama cuman banyak cache dan core nya berbeda.

kenapa saya memilih hanya dengan i3 tidak i5 atau i7..? karena saya rasa sudah cukup dengan speed 3.6 Ghz. jadi saya memilih processor i3 - 8100. Harganya yang membuat saya terpikat :D yaitu tidak ada 2jt. Cukup murah bukan.

Jika anda menemukan diatas 2jt maka bisa hubungi saya untuk saya carikan 2jt free ongkir wkkwkw :D

Motherboard

Motherboard sangat penting pada komponen PC anda. Karena semua perpheral PC anda terhubung langsung ke motherboard. Semua perintah yang mengatur motherboard. Jadi jika komponen-komponen anda memiliki speed tinggi tetapi Motherboard anda memiliki speed dibawahnya sama aja itu bohong.

Saya ambil contoh speed memory. Anda membeli RAM dengan speed sampai 4000 Mhz dan speed memory Motherboard anda hanya 3450 maka akan sia-sia anda membeli RAM dengan Speed yang tinggi dan berharap memiliki kerja procses yang tinggi juga.Jadi semakin bagus Motherboard maka akan mendukung perpheral yang bagus juga. 

Untuk Gen 8 anda diwajibkan membeli Motherboard dengan chipset 370. Biasanya chipsetnya Z370 untuk perbedaannya hanya di seri dari Mobo Tersebut. Saya sebenarnya ingin menggunakan ASRock tetapi karena harga yang mahal dan barang tidak ready akhirnya saya mengambil MSI Z370 Tomahawk. Untuk ASRock bermacam-macam Ada ASRock Z370 Taichi, Pro dll.

Harga Mobo kisaran 2.5jt. Mungkin processor murah tetapi mobo yang anda pakai tidaklah murah agar dapat mencicipi Processor Intel Gen 8.


RAM

Untuk RAM jika speed diatas 3000 Mhz saya rasa sudah cukup. Untuk Gaming, Editing dll. Saya sarankan anda menggunakan 2 Memory RAM. Jika menginginkan 8Gb maka anda beli yang 2 keping. Untuk RAM gaming biasanya sudah 2 Keping dalam 1 Produk 8 Gb nya.

kenapa 2 keping..? Karena diibaratkan rumah dengan besar 8 GB akan cepat terisi bila menggunakan 2 pintu alias 2 RAM. Dibandingkan dengan yang 1 pintu maka akan cepat terpenuhi yang memiliki 2 pintu.

Saya menggunakan RAM Team Elite 8 Gb. 2 x 4 Gb


Hardisk

Hardisk adalah tempat menyimpan data dan juga system anda. Hardisk sekarang minimal space 500Gb tapi bagi saya 1 TB pun kurang untuk jaman saat ini. Terlebih saya ingin menggunakan komputer saya untuk edit video maka file-file yang akan saya simpan cukup banyak dan bersize besar.

Dan untuk anda yang menginginkan game-game jaman sekarang yang mempunyai graphic tinggi maka file tersebut juga akan mempunyai size yang besar. Saya ambil contoh GTA V. Kalau tidak salah game tersebut memiliki size yaitu sekitar 50Gb itu baru 1 game saja belum game-game yang lain.

Saya sedikit kecewa dengan pilihan saya yang hanya mengambil size 1 TB dari seagate baracuda. Walaupun bgitu harga lebih effisien jika anda mempunyai bajet lebih. Jika 1 TB 720.000 dan 2 TB seharga 1.1jt maka lebih hemat anda mengambil size 2 TB. karena bajet saya mempet jadi saya mengambil 1 TB terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Bermain PS 2 Di PC atau Komputer


VGA

VGA adalah komponen pengolah grafis untuk komputer anda. Semua gambar diolah oleh VGA. Jadi semakin cepat dan besar VGA anda maka semakin baik pula kecepatan komputer anda. Usahakan anda mengambil yang memiliki 128-bit jangan yang 64-bit. Saya rasa yang 64-bit untuk jaman maju saat ini akan kurang dalam mengimbangi software-software jaman Now.

Jika bajet anda 2jt maka saya sarankan mengambil NVIDIA GTX 1050. Kenapa NVIDIA..? karena intel suport dengan chipset NVIDIA dan untuk Radean Recomend untuk processor AMD. GTX 1050 2Gb sudah cukup bagi anda tetapi bagi saya masih kurang dan ingin up ke GTX 1050Ti 4Gb.

Untuk 1050ti berada di harga 2.8 - 3.2jt jika saya pantau dipasaran. Lalu merk apa saja yang bagus dan memiliki speed cepat. Setelah saya survey kesana kemari maka saya dapat menyimpulkan untuk GTX 1050Ti pemenangnya adalah Gigabit. Dari 3 merk Zotac, Asus dan Gigabit. Harganya pun sudah jelas pasti paling mahal diantara 3 merk tersebut.

Casing

Casing menurut saya adalah nilai estetika dari CPU anda. Apa itu estetika..? Estetika adalah pemilihan barang berdasarkan keindahan dan bukan mengambil nilai fungsi. Pada dasarnya casing mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai wadah komponen-komponen lainnya. Jadi fitur dari merk 1 dan yang lainnya tidak jauh berbeda.

Saya mengambil casing VenomRX Suadron Blue. Casing ini mempunyai kelebihan yaitu 3 Fan ukuran 12Cm dan juga untuk body depan dan samping bukan alumunium melainkan Kaca. Jadi view motherboard dan Fan menyala akan terlihat dari luar.

Saya memang suka lampu-lampu menyala maka dari itu jika semua komponen anda suport RGB  lampu LED akan sangat terlihat jika menggunakan casing Suadron Blue. Mobo saya suport RGB jadi rencana Fan CPU akan saya ganti dengan yang suport RGB.

Baca Juga : Cara Mengatasi CPU Panas berdengung Keras


Monitor

Monitor adalah komponen output untuk mengeluarkan gambar dan view dari proses di CPU. Banyak sekali merk-merk dari Monitor. Dan untuk monitor sekarnag pastilah semua model kebanyakan LED bahkan banyak juga yang sudah Curved (melengkung).

Saya mengambil Asus Z248VS 24". Layar yang sudah cukup besar bagi anda. 21" rata-rata monitor untuk spek admin. Namun karena saya ingin menjadikan komputer saya sebagai komputer multimedia maka saya mengambil monitor 24".

Harga cukup effisien karena untuk 21" harga 1.7jt dan untuk 24" harga berada di 1.9jt. Maka dari itu saya mengambil 24". Sudah rencana saya juga dari awal ingin menggunakan monitor 24"


Mouse & Keyboard

Karena sudah saya singgung diatas tentang RGB. Yaitu sebuah program dimana semua nyala lampu dapat diatur dengan software dan dapat menyala secara bersamaan dan kompak maka saya menginginkan juga keyboard dan mouse yang sudah suport RGB.

Banyak keyboard mouse RGB yang harganya sangat murah. Saya ambil contoh Rexus. Dengan harga kurang dari 300.000 anda sudah dapat Keyboard + Mouse RGB + Mouse Pad. Harga yang relatif murah menurut saya.Keyboard tersebut juga mempunyai nilai estetika dan ergonomis. Selain bagus dalam tampilan dalam fungsi pun keyboard tersebut juga untul.

Diatas adalah review saya setelah merakit PC saya yang saya gunakan untuk blogging saat ini juga :D. Sungguh PC multi guna menurut saya. PC Coffe Lake suport jika ingin update. Siapa tau besok 2019 akan muncul Intel generasi ke 9..? Semoga chipset sama dan anda tinggal update processor saja tidak sekalian dengan motherboard anda.

Pertimabngkan baik-baik dalam memilih perpheral adna sebelum merakit. Banyak-banyak liat review dari beberapa merk. Terimakasih.


0 Response to "Rakit PC Intel Generasi 8 Coffe Lake Feat GTX 1050Ti"

Post a Comment