Pilih Mana..? SSD, SSHD ato Hardisk..?



Haii kembali lagi bersama Alfarts setelah lama tidak posting artikel pada blog ini. Topik kali ini saya akan membahas tentang media penyimpanan Komputer ataupun Laptop. Pada jaman saat ini sudah ada media penyimpanan dengan kecepatan read & write yang sangat super cepat. Sebut saja SSD namanya. Lalu apa perbedaan SSD dengan SSHD dan juga Hardisk..?
pengertian dan kelebihan kekurangan SSD SSHD HDD
pengertian dan kelebihan kekurangan SSD SSHD HDD

Secara umum Hardisk hadir menggantikan Flopy Disk dan sekarang SSD hadir dan mungkin saja akan menggeser si Hardisk. Saya sediri merasakan begitu jauhnya perbedaan kedua perangkat tersebut. Sebelumnya saya menggunakan hardisk untuk PC rakitan saya. Setelah hardisk saya Bad Sector maka saya membeli SSD dan Mengklaim garansi dari Seagate. Perbedaan booting yang sangat jelas. Dengan SSD booting dengan windows 10 hanya 1 detik saja sedangkan dengan hardisk bisa sampai 7-10 detik. Cukup jauh bukan. Lalu apakah itu SSD..? simak artikel sampai bawah.

Pengertian SSD

SSD kepanjangan dari Solid State Drive adalah media penyimpanan yang menggunakan Intergrated Circuit sebagai media penyimpanannya.Berbeda dengan pendahulunya yaitu Hardisk yang menggunakan Magnetik Disk. IC (Intergrated Circuit memiliki kecepatan baca dan juga tulis yang lebih berlipat-lipat dari pada Magnetik Disk. jika magnetik disk terdapat Head yang membaca data-data dari sektor yang berputar-putar maka SSD ini hanya dengan digital dapat mencari data layaknya RAM yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen.

Kelebihan dan Kekurangan SSD

Kelebihan
Kelebihan SSD ini lumayan banyak sehingga lumayan diminati di pasaran dan para pengguna komputer Ultra bisa dipastikan menggunakan SSD untuk media penyimpanan system mereka agar semua proses dapat dieksekusi secara cepat oleh processor. Kelebihan SSD :
1. Kecepatan Read and Write yang sangat tinggi
Kecepatan data baca memungkinkan semua proses baik windows maupun aplikasi berjalan cepat untuk dieksekusi processor. Jadi kemungkinan kecil proses menjadi "lelet" dalam membuka aplikasi-aplikasi anda

2. Kebutuhan listrik yang lebih kecil
Berbeda dengan hardisk kebutuhan listrik yang di ambil dari PSU lebih sedikit dari pada hardisk. Jadi dapat menghemat voltase dari Power Supply komputer.

3. Ukuran lebih kecil dan ringan
Bentuk fisik yang kecil dan juga tipis membuat SSD ini effisien tempat dan juga mudah dibawa kemana-mana jika dijadikan penyimpanan portable.

4. Tidak perlu mendefrag/menata file
Jadi SSD ini tidak perlu ditata filenya sudah pasti akan tertata rapi dari awal. berbeda dengan hardisk yang ketika file tidak tertata maka proses pencarian file akan lama sehingga harus di defrag hardisk tersebut.

Kekurangan
Selain menjadi primadona SSD ini tentunya juga mempunyai kelemahan  yang mungkin kelemahan itu hanya dirasakan oleh beberapa orang saja artinya tidak semua orang. Karena ini menyangkut kemampuan dari orang tersebut juga. Kelemahan SSD itu adalah :
1. Harga relatif mahal
Tentu saja dengan performa SSD yang sangat cepat maka harga juga terpaut jauh lebih mahal dibandingkan pendahulunya yaitu hardisk. 1 SSD 256Gb setara dengan 1 Hardisk 1 Terabyte. Harga yang fantastis bukan.

2. Penyimpanan Kecil
Mungkin SSD saat ini lebih difokuskan untuk system. jadi bagi sebagian orang saya juga termasuk, SSD saya gunakan untuk system saja dan untuk penyimpanan saya tetapmenyimpannya pada hardisk mengingat harga yang cukup mahal

3. Umur Pendek
Seperti yang kita tahu media penyimpanan mempunyai sebuah rentan batasan Write untuk penyimpanan tersebut. Dan SSD ini tergolong media penyimpanan yang cukup pendek umurnya jika dilakukan write setiap hari.


Pengertian SSHD

SSHD kependekan dari Solid State Hybrid Drive. SSHD adalah media penyimpanan yang menggabungkan metode SSD dan Hardisk. Jadi SSHD ini adalah sebuah kolaborasi dari SSD dan hardisk dimana penyimpanan ini menggunakan piringan dan Juga Flash untuk membuat transfer data lebih efisien. Menurut saya SSHD ini hadir untuk menyimpan data dengan harga lebih terjangkau dan dengan penyimpanan yang besar dan mumpuni layaknya hardisk. Jadi SSHD hardisknya komputer dengan kecepatan yang hampir sama dengan SSD.

Kelebihan dan Kekurangan SSHD

Kelebihan
SSHD memiliki sebuah kelebihan yang akan membuat anda memilih jenis penyimpanan ini untuk anda gunakan menjadi media penyimpanan permanen. kelebihan SSHD adalah :
1. Harga
harga yang tak jauh beda dengan hardisk ini membuat orang terpikat dengannya. Harga yang lebih murah sedikit dibandingkan SSD dan lebih mahal dbandingkan HDD.

2. Kecepatan Read and Write
Kecepatan dari SSHD ini saya rasa tidak mengecewakan dengan harga dia yang masih cukup terjangkau dibandingkan dengan SSD yang lambung tinggi karena mengutamakan kecepatannya.


Kekurangan
Semua perangkat pasti memiliki kekurangan masing-masing karena memang perangkat dibuat untuk fungsi masing-masing. Berikut kekurangan dari SSHD :
1. Ukuran dan Bentuk
Ukuran dan bentuk dari SSHD ini sama dengan penyimpanan HDD yaitu masih besar dan tebal serta berat. Karena masih menggunakan piringan untuk medianya maka maklum jika ukuran SSHD besar.

2. Daya Listrik
Menurut saya daya listrik yang dibutuhkan masih sama seperti HDD. Jadi SSHD yang hadir saat ini bisa dibilang lebih muda tetapi untuk bagian listrik belum mengalami efisiensi yang cukup bagus.


Pengertian HDD (Hardisk)

Hardisk adalah media penyimpanan yang menggunakan piringan untuk menyimpan berbagai file-file. Hardisk ini memiliki kecepatan yang paling tinggi sebelum SSD dan SSHD ada. Penyimpnan ini menurut saya tidak memiliki harga yang cukup tinggi sehingga sangat efisien dalam hal harga. Performa juga lumayan alias tidak buruk.

Kelebihan dan Kekurangan HDD

Kelebihan 
Kelebihan dari HDD yang saya lihat pada masa sekarang(bersaing dengan SSD dan SSHD) adalah :
1. Harga
harga dari HDD ini adalah paling murah jika dibandingkan dengan kompetitor sebelah. Pasalnya SSD dan SSHD relatif lebih mahal dibandingkan HDD ini.

2. Penyimpanan Besar
Penyimpanan yang ditawarkan HDD cukup besar bahkan sampai ber-Tera terabyte. Contohnya saya menggunakan HDD 1 Terra. Tidak hanya 1 Terabyte saja tetapi ada juga 2 Terabyte.

Kekurangan
Hadirnya SSD dan SSHD juga membuat HDD ini memiliki kekurangan yang begitu terlihat. Apa saja kekurangan tersebut yaitu :
1. Kecepatan Read Write
Pada masanya HDD ini memiliki kecepatan yang paling tinggi. Tetapi ketika SSD dan SSHD datang maka HDD ini menjadi perangkat dengan kecepatan Read and Write terendah.

2. Ukuran dan bentuk
Ukuran dan bentuk dari HDD lumayan besar dan juga berat. Karena piringan magnetik yang digunakan untuk menyimpan data pad aperangkat ini.

3. Konsumsi Listrik
Konsumsi listrik dair HDD ini cukup banyak dibandingkan dengan SSD. Perangkat ini lebih memakan banyak voltase dan Ampere dari pada SSD

Jadi kawan-kawan ingin memilih SSD, SSHD atau HDD..? Anda dapat membeli media penyimpanan sesuai keinginan anda. Kelebihan dan Kekurangan dari SSD, SSHD dan HDD sudah saya jabarkan diatas. Anda dapat menentukan mana hal yang lebih penting untuk anda. Tapi bagi saya ilmu diatas seakan sirna dikarenakan minimnya bajet untuk membeli media penyimpanan tersebut :D

Semoga saya dapat membantuk kawan-kawan semua dalam memilih media penyimpanan. jangan sungkan untuk berkomentar dan share jika menurut anda aritkel diatas membantu anda. Terimakasih.


0 Response to "Pilih Mana..? SSD, SSHD ato Hardisk..? "

Post a Comment